1000 Hari Pertama Kehidupan

1000 hari kehidupan anak dianggap sebagai periode emas dalam perkembangan anak sampai nanti berusia dewasa dan tua.

Pada masa masa ini orang tua harus memberikan gizi dan perawatan baik pada anak agar setiap tulang dan juga bagian tubuhnya dapat berkembang dengan normal dan juga sehat.

Lalu apa sih itu 1000 hari pertama kehidupan anak dan bagaimana cara menghitung 1000 hari pertama pada anak. Berikut adalah ulasannya:

Pentingnya 1000 Hari Anak

1000 hari anak tidak dimulai ketika bayi terlahir ke dunia, melainkan dihitung dari pertama bayi terbentuk dalam organ rahim Ibu ataupun ketika proses pembuahan terjadi.

Jadi 1000 hari akan dihitung dari 9 bulan masa kandungan atau 270 hari dan juga tahun pertama dan kedua kelahiran.

Secara sederhana 1000 hari pertama anak adalah usia dari semenjak bayi dalam kandungan sampai ia nanti berumur 2 tahun.

Nah, seribu hari ini sangat penting karena seluruh organ dalam tubuh nantinya akan berkembang dengan sangat pesat, mulai dari tulang, saraf, otak, organ pencernaan dan juga organ penting lainnya dalam tubuh manusia.

Periode ini sangat penting bagi anak dan harus dimaksimalkan sebaik mungkin oleh orang tua karena ini tidak  bisa diulang.

Masa 270 hari Pertama

Masa 270 hari adalah masa anak anak ketika masih dalam kandungan. Ketika dalam kehamilan disarankan untuk bumil agar rutin memeriksakan diri ke bidan ataupun dokter kandungan untuk memantau kesehatan bayi.

Selain memantau kesehatan dan perkembangan bayi. Biasanya anda juga akan diberikan suplemen tertentu untuk menunjang perkembangan bayi dengan pemberian vitamin dan nutrisi dalam bentuk obat tertentu.

Anda bisa mengkonsumsinya untuk menjaga kesehatan anda sendiri dan juga bayi dalam kandungan anda.

Masa 730 Hari

Masa ini adalah masa kehidupan anak setelah dilahirkan sampai nanti usianya 2 tahun. Di fase ini anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan juga sehat.

Selain itu, untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin datang, anda juga disarankan untuk melakukan vaksinasi atau imunisasi tertentu yang biasanya diselenggarakan di program kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *