Gempa Potensi Tsunami, BMKG Makassar Peringatkan Warga Selayar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) IV Makassar telah memberikan peringatan dini terjadinya tsunami untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa 14 Desember 2021. Potensi tsunami pascagempa berkekuatan Magnitudo 7,4 yang terjadi di Laut Flores.

“Potensi tsunami, tolong diteruskan ke masyarakat,” kata Prakirawan BMKG IV Makassar, Nur Asia Utami, Selasa 14 Desember 2021.

Ia menyebutkan daerah yang berpotensi terjadi tsunami yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Adapun gempa terjadi tepatnya Pukul 10.20 WIB dari kedalaman 12 kilometer–info di akun media sosial menyebut kedalaman berubah dari 12 menjadi 10 kilometer.

“Kami warning di daerah itu dan statusnya siaga (Kabupaten Selayar), Sulsel,” ucap Nur.

Gempa itu dirasakan di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, membuat masyarakat berhamburan ke luar rumah. Termasuk di Kota Makassar. Warga Todopuli Kota Makassar, Muhammad Faisal, mengatakan awalnya tak tahu terjadi gempa karena baru bangun. “Tapi orang teriak gempa..gempa..dan berlarian keluar,” tutur dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.