Honda Rilis Motor Balap untuk WorldSBK, Pakai Suspensi Showa

Honda menghadirkan pembaruan untuk motor balap Honda CBR1000RR yang digunakan dalam ajang balap World Superbike (WorldSBK). Pembaruan besar dilakukan pada bagian suspensi dan juga sistem pengereman.

Melansir laman Rideapart hari ini, Senin, 3 Januari 2022, Honda mengganti suspensi CBR1000RR dari yang semula menggunakan Ohlins, kini diganti menggunakan Showa. Sementara untuk sistem pengeremannya diganti dari Brembo menjadi menggunakan lansiran Nissin.

Konfigurasi motor baru ini juga telah diuji coba oleh Iker Lecuona dan Xavi Vierge di Sirkuit Jerez, Spanyol. Setelah di tes, Honda nampaknya tertarik memilih pengaturan baru motor balapnya ini dan memutuskan untuk mengganti komponen tersebut pada semua motor balap yang digunakan untuk musim 2022.

Memang penggantian suspensi dan rem ini masih belum terlihat performanya sejauh ini, mungkin hingga musim balap dimulai. Namun tim insinyur balap Honda akan melakukan pengaturan lebih jauh lagi dan bahkan Honda juga akan melakukan beberapa modifikasi pada bagian sasis sebelum musim balap dimulai.

Honda bukan menjadi tim pertama yang menggunakan suspensi buatan Showa, Kawasaki sudah terlebih dulu menggunakan sistem suspensi ini motor balapnya. Sementara untuk pengereman Nissin, juga sudah digunakan pada sistem pengereman motor balap BMW M1000RR.

DICKY KURNIAWAN | RIDEAPART | WP

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.