Kaleidoskop 2021: Larangan Mudik Lebaran hingga Tangki Kilang Cilacap Terbakar

Pertengahan 2021, Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19 dengan ketidakpastian dari dalam dan luar negeri yang mempengaruhi perekonomian nasional. Pemerintah pun memberlakukan larangan mudik Lebaran pada Mei 2021.

Selain itu, bulan Mei diwarnai pembentukan perusahaan merger Gojek dan Tokopedia: GoTo. Muncul pula kontroversi penunjukan Abdee Slank menjadi komisaris independen Telkom.

Adapun pada Juni, diwarnai pembentukan Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau Satgas BLBI hingga terbakarnya tangki kilang Pertamina di Cilacap.

Tempo.co merangkum peristiwa-peristiwa di bidang ekonomi dan bisnis yang terjadi pada Mei hingga Juni 2021.

MEI

Larangan Mudik LebaranPemerintah memberlakukan larangan mudik dari 6-17 Mei 2021. Pada 2 Mei, Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan sejumlah pemerintah daerah dan instansi terkait di wilayah Brebes, Tegal, dan Semarang menjelang periode larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

Kemenhub bersama dengan Kepolisian dan instansi terkait lainnya berkoordinasi khususnya dalam hal pengendalian transportasi selama masa peniadaan mudik Larangan mudik berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri Tahun 1442 dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Larangan mudik itu merupakan bagian dari upaya pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia.

1234 Selanjutnya

Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group. Sementara Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo. Kevin Aluwi tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

CEO GoTo Andre Soelistyo menjelaskan, pembentukan Grup GoTo menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Dengan merger ini, kata Andre, mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia. Sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya.

Data BPJS Kesehatan Diduga Bocor Kabar soal kebocoran data 279 juta penduduk Indonesia milik BPJS Kesehatan mencuat pertama kali pada 20 Mei 2021. Data tersebut diperjualbelikan di situs raidforums.com oleh akun reseller bernama Kotz.

Data tersebut mencakup nomor induk kependudukan, kartu tanda penduduk, nomor telepon, email, nama, alamat, hingga gaji.

Di hari yang sama, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengumumkan mereka mulai memblokir Raid Forum, akun Kotz. Selain itu, Kominfo memanggil direksi BPJS Kesehatan dan sepakat untuk melakukan investigasi mendalam bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sebelumnya 1234 Selanjutnya

Saat Pemilu Presiden 2014, Abdee menjadi inisiator Konser Salam 2 Jari untuk mendukung Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pemilihan Abdee sebagai komisaris pun menuai kontroversi. Menanggapi hal tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, “Masak musisi Indonesia tidak boleh naik kelas. Masak kalau saya suatu saat angkat bintang film senior yang sudah pengalaman, kenapa enggak bisa jadi bagian dari ekosistem industri film? Kita harus beri kesempatan.”

JUNIPesawat Komersil Mendarat Perdana di Bandara JB Soedirman Pada Kamis, 3 Juni, pesawat komersil berhasil mendarat perdana di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. Pesawat tersebut adalah Citilink yang mengangkut 34 penumpang dengan rute penerbangan dari Bandara Juanda Surabaya.

Bandara Jenderal Besar Soedirman rampung dibangun dan diresmikan 1 Juni 2021. Bandara Jenderal Besar Soedirman memiliki landasan pacu sepanjang 1.600 meter. Run way tersebut dapat digunakan untuk aktivitas penerbangan pesawat jenis ATR.

Pemerintah Tagih Kreditur dan Obligor BLBI Pada 4 Juni, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md meminta obligor dan debitur penerima Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI bersikap kooperatif. Berdasarkan catatan pemerintah, nilai aset dana BLBI yang dapat dikembalikan ke negara mencapai Rp 110,454 triliun.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rionald Silaban resmi dilantik menjadi Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) pada Jumat, 4 Juni 2021. Pelantikan digelar di kantor Kemenkeu, dihadiri dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Rionald akan mengemban tugas memimpin pengejaran aset dana BLBI sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Ia akan memimpin satgas yang dibentuk dengan masa kerja sampai 31 Desember 2023. Satgas terbentuk berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI.

Sebelumnya 1234 Selanjutnya

Terdapat lima tugas dari Satgas berdasarkan Kepres Nomor 11 Tahun 2021. Di antaranya memastikan realisasi investasi setiap pelaku usaha penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing yang berminat dan/atau yang telah mendapatkan perizinan berusaha.

Tangki Pertamina di Cilacap Terbakar Salah satu tangki yang berisi benzene milik PT Pertamina (persero) di Kilang Cilacap, Jawa Tengah, terbakar pada pukul 19.45 WIB, Jumat, 11 Juni 2021. Hingga pukul 21.15 WIB, Pertamina menyatakan bahwa tim sudah berhasil mengendalikan kebakaran yang terjadi setelah melakukan upaya maksimal.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Meskipun terjadi kebakaran, Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat tetap aman.

HENDARTYO HANGGI | ANTARA | BISNIS | KORAN TEMPO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.