Lemmy Kilmister: Band Metal dan Soal Idiom Lemmy is God

TEMPO.CO, Jakarta -Vokalis sekaligus bassis band metal, tepatnya heavy metal, Motorhead, Lemmy Kilmister sudah tutup usia di umur 70 tahun, tepatnya pada 28 Desember 2015.

Walaupun telah tutup usia 6 tahun yang lalu, Lemmy dan karya-karyanya bersama Motorhead masih lantang didenagrkan hingga detik ini.

Lemmy terlahir dengan nama Ian Fraser Kilmister, tepat tanggal kemarin 24 Desember pada tahun 1945 di Burslem, Stoke-on-Trent, Inggris. Kelahirannya sehari sebelum hari Natal.

Sebagai anak tunggal, Lemmy menjalani kehidupan yang relatif menyendiri, pertama di Stoke-on-Trent dan kemudian di pedesaan Wales utara, di mana julukannya—Lemmy—diberikan kepadanya oleh penduduk setempat.

Ketika masa remaja dan meninggalkan sekolah, ia bekerja sebagai peternak kuda dan di jalur perakitan pabrik sebelum mengambil gitar dan pergi ke London untuk memanfaatkan budaya tandingan yang sedang berkembang.

Dia menyerap LSD dalam jumlah banyak sebagai roadie untuk Jimi Hendrix pada akhir 1960-an dan awal 70-an, dan kemudian sebagai pemain bass dengan band space-rock Hawkwind.

Pada tahun 1975 Lemmy dipecat dari Hawkwind setelah ditangkap karena kepemilikan narkoba di perbatasan Kanada saat tur. Ia melakukan ‘balas dendam’ dengan membentuk Motorhead bersama gitaris Larry Wallis dan drummer Lucas Fox. Awalnya band ini dibentuk dengan nama Bastard, namun manajernya melarang untuk menggunakan nama tersebut.

Motorhead mulai merasakan era emasnya ketika band tersebut diisi oleh, “Fast” Eddie Clarke (gitaris), Phil “Philthy” Taylor (drummer), dan Lemmy (bassis). Berdasarkan laporan The Guardian, formasi tersebut banyak mendatangkan penggemar baru untuk Motorhead.

Lebih lanjut, di era ini Motorhead juga sukses dari segi komersil melalui album No Sleep ‘til Hammersmith, yang mencapai No 1 di Inggris. Mereka juge sukses dengan album Overkill (1979) dan Ace of Spades (1980).

Lemmy terkenal dengan perilakunya yang tampak nihilistik, dan acap kali berperilaku ugal-ugalan. Namun, di balik itu semua Lemmy merupakan sosok yang cerdas dan menyukai hal-hal yang berbau sejarah.

Berikutnya: Ozzy Osbourne, vokalis Black Sabbath, suatu hari…

123 Selanjutnya

Ozzy Osbourne, vokalis Black Sabbath, suatu hari kebingungan untuk menulis lirik lagu dan ia konsultansi dengan Lemmy. Lemmy memancing idenya dengan membaca buku sejarah, kemudian menuliskan lirik untuk Ozzy.

Lebih lanjut, idiom “Lemmy is God” sering terdengar bagi penggemar Heavy Metal—khususnya Motorhead. Idiom ini populer ketika film komedi Airhead (1994) rilis. karakter Chazz (Brendan Fraser) sedang tebak-tebakan dengan karakter Chris.

Chazz melemparkan pertanyaan, “Jika Tuhan dan Lemmy bertarung, siapa pemenangnya?” akhirnya karakter Rex (Steve Buscemi) menimpali, “Salah, payah! Lemmy adalah Tuhan.”

Terkait hal ini New York Times menanyakan hal tersebut kepada sang front liner band metal itu. “Lemmy adalah Tuhan, menurut film “Airheads”, bukan?” tanya New York Times. Tanpa tedeng aling Lemmy menjawabnya, “Tidak, Tuhan lebih tinggi, dan dia berpakaian lebih baik. Dia tinggal di sebuah pondok Cape Cod di ujung Rhode Island.”

GERIN RIO PRANATABaca : Gojira, Nama Fosil yang Ditemukan di Luksemburg Berasal dari Band Metal Prancis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.