Mekanisme Pasar dan Elastisitas  yang Perlu Diketahui

Mekanisme pasar dan elastisitas adalah salah satu istilah penting yang berkaitan dengan penawaran, permintaan dan harga keseimbangan. Berikut ini terdapat definisi mekanisme pasar lengkap dengan cara kerja dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Apa Saja yang Perlu Diketahui Tentang Mekanisme Pasar dan Elastisitas yang Perlu Diketahui?

  1. Pengertian Mekanisme Pasar

Mekanisme pasar dan elastisitas mempunyai pengertian karena merupakan salah satu kecenderungan yang terjadi perubahan harga hingga tercapainya keseimbangan pasar pada sebuah pasar bebas. Keseimbangan pasar ini ketika jumlah barang atau produk yang ditawarkan sama dengan jumlah permintaan.

Mekanisme pasar adalah proses yang biasanya berjalan atas dasar gaya atau kekuatan tarik-menarik antar konsumen dan produsen yang saling bertemu di pasar. Biasanya hal ini disebut dengan proses yang terbentuk suatu harga atau sebarang di pasar dan faktor produksi di pasar faktor produksi.

Mekanisme pasar sendiri adalah proses penentuan harga berdasar pada kekuatan permintaan atau demand dan penawaran atau supply. Seperti yang kita ketahui bahwa mekanisme pasar dan elastisitas memang mempunyai berbagai jenis kelebihan yang ada pada sistem mekanisme ini.

  1. Kelebihan Sistem Mekanisme Pasar

kelebihan yang pertama dalam sistem mekanisme pasar adalah memberi informasi jumlah permintaan yang mana Pasar akan memberi informasi akurat tentang produk yang paling dibutuhkan. Sehingga produsen dapat meningkatkan kuantitas barang atau jasa yang dijualnya.

Hal ini sangat menguntungkan sebab ketika produsen meningkatkan kuantitas barang atau jasa maka produsen akan mendapat keuntungan yang jauh lebih maksimal dibanding hari-hari biasanya. Hal ini mengapa mekanisme pasar sangat penting ada di dalam dan di tengah masyarakat.

Adanya mekanisme pasar juga bisa merangsang pengembangan usaha menjadi jauh lebih baik ketimbang hari sebelumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa keadaan pasar selalu berubah seperti pertambahan jumlah penduduk dan pendapatan penduduk sehingga produsen kadang kesulitan.

Sebagai produsen Anda dapat dengan mudah meningkatkan sumber daya dan kualitas produk maupun pelayanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ada di sekitar. Ini akan jauh lebih nyaman dilakukan ketika anda memahami mekanisme pasar dengan benar.

Mekanisme pasar dan elastisitas juga memberikan keadilan bagi produsen dan konsumen menjadi jauh lebih baik. Bahwa sebagai produsen bebas memilih jenis barang atau faktor produksi yang akan mereka gunakan dan sebagai konsumen bebas memilih barang yang ingin dikonsumsi dan dipakai.

Keduanya dapat dengan mudah memperoleh kebebasan tersebut dengan harga yang sangat pantas berdasar pada jumlah permintaan dan penawaran yang ada. Walau tidak menutup kemungkinan mekanisme pasar mempunyai kelemahan di dalamnya sehingga perlu diperhatikan juga.

  1. Kelemahan Mekanisme Pasar

Mekanisme pasar mempunyai kelemahan karena sistem mekanisme ini membuat kebebasan tidak terbatas dan menindas golongan yang kecil. Adanya persaingan bebas tentu akan mengakibatkan pengusaha besar semakin berkuasa dan menindas pengusaha kecil yang baru pemula.

Harga pasar juga cenderung fluktuatif dan bisa naik turun secara drastis sehingga menimbulkan kebingungan pada pelaku usaha dan konsumen. Hal ini dapat dengan mudah terjadi terutama pada produk yang langka atau produk yang terbatas.

Juga terdapat risiko monopoli pada beberapa wilayah tertentu Karena perusahaan besar dapat mengendalikan harga dan akan memicu terjadinya monopoli pasar. Cara kerja mekanisme pasar juga menilai proses untuk mendapatkan harga keseimbangan pasar jauh lebih mudah.

Dengan cara kerja yang satu ini dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran di suatu wilayah tertentu sehingga produsen bisa menetapkan harga dengan mempertimbangkan keuntungan yang didapat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.