Nutrisi Serai Baik untuk Kesehatan Tubuh, Aromanya pun Bermanfaat Terapi

Serai yang sering digunakan untuk bumbu menyedapkan aroma masakan memiliki manfaat untuk kesehatan. Tumbuhan sejenis rumput-rumputan mengandung vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, fosfor

Berikut manfaat kesehatan dari serai:

Minuman yang menggunakan campuran bahan serai mengandung antimikrob yang baik untuk tubuh. Penelitian yang diterbitkan Journal National Institutes of Health menjelaskan, bahwa minyak esensial dari serai mampu melawan mikrob. Penelitian itu menemukan kandungan antimikrob bisa melawan Streptococcus mutans (bakteri yang merusak gigi).

Serai memiliki sifat antijamur sehingga efektif untuk pencegahan penyakit kulit. Situs web penyedia informasi kesehatan Healthline menjelaskan, minyak serai efektif mencegah penularan jamur di area kulit. Sifat antijamur ini efektif mencegah jenis jamur penyebab kurap dan gatal.

Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang merusak sel. Hasil penelitian yang diterbitkan Journal of Agriculture and Food Chemistry menguraikan, bahwa serai mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan dalam serai mencegah kelainan fungsi sel dalam pembuluh darah jantung.

Serai mengandung antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis bisa menyebabkan penyakit seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

Penyebab diare salah satunya disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Serai bisa menjadi obat alami meredakan diare. Tumbuhan ini bisa dibuat menjadi minuman hangat.

Serai bermanfaat untuk meredakan mual, sakit perut, masalah pencernaan, dan tukak lambung. Tumbuhan ini bisa menjadi bahan untuk membuat teh herbal dan suplemen untuk mengatasi mual.

Mengutip dari Medical News Today, minuman berbahan campuran serai memiliki sifat diuretik. Sifat ini bisa merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin. Diuretik bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi kembung dan mengurangi sindrom pramenstruasi (PMS).

Aroma yang muncul dari serai bisa mengurangi kecemasan yang memicu stres. Aroma serai bersifat terapi untuk relaksasi tubuh. Misalnya dipakai untuk pijat atau diolah menjadi minuman hangat.

WINDA OKTAVIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.